Seruntulan

Seruntulan menjelajah pelosok nusantara memang sangat mengasyikan dan tentunya mempunyai cerita tersendiri dalam setiap perjalanan. Disini saya mencoba untuk mendokumentasikan beberapa kisah perjalanan yang pernah saya lakukan ataupun yang (mungkin) akan saya lakukan.

Berikut adalah cerita seruntulan saya yang sempat didokumentasikan.

Menggapai Kesejatian

Gunung Raung (3332 mdpl) adalah sebuah gunung yang besar dan unik, yang berbeda dari ciri-ciri gunung pada umumnya dan merupakan gunung berapi aktif tertinggi kedua di Pulau Jawa yang sampai saat ini status gunung tersebut pun masih waspada.

Puncak 17 Gunung Raung

Puncak 17 Gunung Raung

Keunikan dari gunung Raung adalah kalderanya yang berbentuk elips dengan kedalaman sekitar 500 meter dan di dasar kaldera terdapat “kubah” yang sering menyemburkan asap bahkan api. Secara administratif gunung Raung berada diantara dua kabupaten, yaitu kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso. Berikut kisahnya…..

Dieng, Kediengan di Dataran Tinggi

Dieng ibarat perempuan cantik yang selama ini menggoda saya. Kabutnya adalah bedak yang membuat pikiran saya melayang-layang ingin segera mencecapnya. Dinginnya adalah keakuan yang ingin saya taklukan. *sumber

Dieng

Dieng

Banyak cerita dari berbagai sumber tentang keindahan dan kedinginan dataran tinggi Dieng yang secara administrasi terletak pada dua kabupaten, yaitu Wonosobo dan Banjarnegara. Setelah merangkum semua informasi yang kami dapatkan, rencana operasional perjalanan (ROP). Berikut skenario kasar perjalanan kami, Jakarta – Wonosobo – Dieng – Wonosobo – Jakarta. Berikut kisahnya….

Tips Aman Bawa Gadget Saat Backpacking

Kurang lengkap rasanya jika liburan tanpa membawa gadget. Jika sedang backpacking, tidak jarang Anda enggan membawa gadget karena takut rusak atau tertinggal. Berikut 6 tips backpacking aman tanpa harus meninggalkan gadget Anda.

Gadget

Gadget

Harus diakui, gadget telah banyak berperan dalam kehidupan saat ini. Anda tak perlu tersasar karena ada perangkat GPS di gadget, atau berbagai aplikasi khusus travel lainnya. Tapi, apakah aman jika membawa gadget saat liburan gaya backpacking? Berikut tipsnya….

Perjalanan “Dinas” Profesional Perdana

Mendapatkan kesempatan training professional itu sangat menyenangkan, terlebih lagi kesempatan tersebut adalah training pertama kali yang diselenggarakan secara professional.  Microsoft SharePoint 2010 Administration, yup itu adalah materi training perdana saya dengan penyelenggara Native Enterprise yang berlokasi di Jalan Setrasari Kulon V, Bandung (rekomendasi dari kang Suherman).

Perjalanan Dinas

Perjalanan Dinas

Padahal harapan saya bisa mendapatkan provider training di Jakarta agar tiap hari saya bisa pulang ke rumah. Namun, untuk jadual bulan Maret rekomendasi provider dari kang Suherman itu kosong. Adanya bulan April. Dengan berat hati saya memilih training di Bandung. Tapi tidak apa lah, hitung-hitung untuk menambah teman di Bandung. Terakhir saya bermalam di Bandung itu tahun 2004, dan itu pun hanya satu malam di Bandung. Berikut kisahnya….

Eksplore Pulau Benan, Lingga, Kepulauan Riau

Apa yang ada dipikiran kamu apabilan membaca dua kalimat: Kepulauan Riau ? Yup, suatu wilayah yang terdiri dari beberapa pulau. Kepulauan Riau adalah salah satu provinsi di bagian barat Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga. Bicara kepulauan pasti beberapa pulau yang menyimpan keindahan bahari.

Pulau Benan, Lingga

Pulau Benan, Lingga

Iya, Pulau Benan merupakan salah satu pulau di wilayah Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau yang mempunyai potensi wisata bahari. Konon katanya, disana juga masih terdapat terumbu karang yang sangat indah. Pulau Benan terdapat di tenggara Dabo, ibukota kabupaten Lingga.

Beberapa waktu yang lalu saya mendapat informasi paket wisata Tour De Benan seharga Rp 150.000,- / orang yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Lingga. Sangat murah kan? Pastinya, karena kegiatan tersebut disubsidi oleh pemda setempat. Berikut kisahnya….

Hidrologi Karst Dalam Bentuk Animasi

Kawasan Karst merupakan kawasan yang sangat memiliki nilai ekonomi tinggi baik secara pelesatarian apalagi pertambangan. Kawasan karst tidak bisa dipisahkan dari hiruk pikuk atau disitribusi air. Berikut penampakannya….

All About Lombok

Meskipun baru berencana alias belum pernah seruntulan ke Lombok, nggak ada salahnya kan saya bikin tulisan sedikit informasi yang berhubungan dengan persiapan seruntulan ke pulau sebelah timurnya pulau Dewata itu. Ya, itung-itung bikin mirror dari forum sebelah lah.

Lombok

Penampakan Lombok sudah terlihat dari atas, jadi silahkeun saksikeun alkisahnya…..

Snorkeling kat Pulau Mapur, Bintan – Kepulauan Riau

Mari bekarang

Mari bekarang

Yups, pengajuin cuti nyangkul dari 28 Maret – 1 April 2014 pun approved oleh sang Bos. Iya, liburan kali ini akan saya manfaatkan untuk seruntulan ke salah satu pulau terluar di sisi timur Kepulau Riau. Sebut saja, Pulau Mapur yang masih masuk dalam wilayah kabupaten Bintan. Menurut kepri.travel, Pulau Mapur memiliki luas 4.400 meter persegi dengan jumlah penduduk sekitar 267 KK. Di sisi Utara, perairannya berbatasan dengan Laut Cina Selatan dan Malaysia, sisi Selatan berbatasan dengan Kelong sedangkan di sisi Barat berbatasan dengan Kecamatan Gunung Kijang. Sejak tahun 2006, pemerintah telah mengembangkan perairan Pulau Mapur sebagai kawasan konservasi terumbu karang, yang fokus pada pemeliharaan biota bawah laut.

Seruntulan kali ini sudah direncanakan jauh-jauh hari. Jumat, 28 Maret 2014 pukul 09.30 wib saya dan Pansus pun berangkat dari Tiban untuk menuju pelabuhan Telaga Punggur, Batam. Karena masing-masing membawa carrier, maka terpaksa harus menggunakan motor masing-masing. Dengan jarak 28,5 km waktu 45 menit kami habiskan untuk perjalanan Tiban – Tg Punggur dan setibanya di pelabuhan Tg Punggur, kami langsung mengarah ke area parkir inap motor. Seperti biasa, kami pun disambut oleh “kicauan” para petugas loket yang menawarkan jasa penyebrangannya. Tarif per orang untuk penyebrangan Tg Punggur – Tg Pinang seharga Rp 55.000 per orang + biaya peron sebesar Rp 2.000,-. Berikut kisah lengkapnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s