Beberapa Istilah Pada Reksa Dana


1. 1Day, 3D, 1M, 3Month, 6M, Year To Date, 1Year, 3Y, 5Y adalah suatu performance reksadana dalam suatu periode dengan menggunakan persentase artinya misal dikolom 5Y tertera 50% artinya dalam periode 5 tahun history performance nya adalah 50%.

2. Morning star adalah lembaga rating International yang menjadi barometer utama seluruh Reksa Dana di Dunia. Bisa dijadikan acuan tetapi yang paling utama dalam memilih reksadana dengan beberapa indikator seperti NAV performance, sharpe ratio, drawdown, hi lo performance, AUM (assets under management) atau dana kelolaan reksadana.

3. Hi lo performance semakin besar nilainya semakin bagus.

4. Tentunya dengan menggunakan indikator-indikator seperti yg sudah dituliskan pada poin 2.
Berikut informasi mengenai Sharpe, Drawdown, AUM dll :
– %Performance (return) yang paling besar pada tahun sebelumnya merupakan pilihan yang bagus untuk memilih ReksaDana, tapi tetap melihat indikator lainnya.
Jadi yang positifnya besar itu dinilai performancenya bagus.
– Hi-Lo performance, untuk menentukan grafik NAV (Net Asset Value) dalam suatu periode (3M,6M,9M,1Y,2Y,3Y) dimana NAV penutupan terakhir berada berapa persen dari titik terendah suatu reksa dana pada periode tertentu.
Hi-lo merangkumkan grafik NAV suatu reksa dana yang akan lebih berarti apabila digabung dengan performa NAV suatu periode.
– %Chg NAV : menggambarkan perubahan atau pergerakan NAV dari NAV terakhir dibandingkan dengan suatu periode (bisa 1 bulan, 3 bulan, 1 tahun atau dapat dipilih sendiri).
– %Sharpe : Menunjukan suatu perbandingan antara return terhadap resiko. Jadi nilai Sharpe Ratio semakin besar adalah semakin baik. Kalau sharpe Ratio minus adalah dikarenakan returnnya minus.
Semakin besar nilai sharpe ratio, artinya makin baik, karena rata-rata pergerakan imbal hasilnya lebih besar dari risk free rate dan standar deviasi relatif rendah.
Rumusnya adalah Imbal hasil portfolio dikurangi Risk Free Rate dibagi dengan standart deviasi. Atau Return dibagi resiko
– %drawdown : menggambarkan pergerakan pada saat NAV turun ke bawah yang terparah dalam periode yang ditentukan.
Apabila nilainya 0,20 berarti tingkat penurunannya pada periode tertentu tersebut 20% dari nilai investasi awal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s