Mengenal Gunung Slamet – 2 (Menikmati letusan dan Mata-air Panas Guci)


Dongeng Geologi

Hampir setiap lokasi yang berdekatan dengan gunungapi memiliki mataair panas. Ada yang debitnya besar adapula yang kecil. Terbentuknya air panas ini tentunya disebabkan oleh adanya konfigurasi yang khusus yg menyebabkan timbulnya mataair panas.

Guci-1[1]Guci terletak di lereng barat dari Gunung Slamet. Mataair panas di daerah ini sudah sangat terkenal sejak lama. Selain adanya daya tarik mataair panas, daerah ini juga dikenal memiliki panorama yang menawan. Lokasi mataair panas Guci ini berada di kabupaten Tegal, di Kecamatan Bumijawa dikaki lereng barat Gunung Slamet. Ada cerita menarik Konon menurut orang sekitar Mata air panas Guci di Tegal ini adalah peninggalan dari walisongo yang mengutus seorang sunan untuk mambawa sebuah Guci berisi air panas. Air dari Guci tersebut diyakini dapat membawa berkah bagi masyarakat sekitar, namun karena air dari Guci tersebut tidak cukup diberi untuk semua masyarakat sekitar maka sunan yang diutus tersebut menancapkan tongkatnya ketanah dan dari situlah keluar mata air panas.

View original post 277 more words

Advertisements

2 thoughts on “Mengenal Gunung Slamet – 2 (Menikmati letusan dan Mata-air Panas Guci)

    • Foto sama real-nya memang indah Bu, dan banyak juga omongan dari orang2 kalau gunung Slamet meletus itu pulau Jawa akan terpecah seperti Sumatera-Jawa. Dalam hati entah dari mana teorinya 🙂

      Salam kenal kembali Bu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s