Bayar Pajak Tahunan Motor di Samsat Batam


Saking fokusnya dengan persiapan mudik (perburuan tiket murah) eh pajak tahunan motor pun kelupaan, alhasil lewat sudah batas waktu terakhir pembayaran pajak. Hanya terlambat kurang dari 1 bulan sih.

STNK, BPKB dan KTP yang asli pun sudah saya siapkan sebagai persyaratan umum dalam pembayaran pajak tahunan kendaraan. Setibanya di samsat Batam Center, saya langsung mengambil nomor antrian di meja yang terdapat mesin pencetak nomor antrian dan selalu dijaga oleh petugas. Petugas said: silahkan menunggu ditempat yang telah disediakan dan nanti akan dipanggil sesuai dengan nomor antriannya yak Pak. Iyak, kak.

Karena hanya 3 nomor antrian, petugas pun menginstruksikan untuk langsung baris untuk antri di loket pertama (paling kanan). Tidak sampai 5 menit saya pun sudah bisa berhadapan dengan petugas loket. Ternyata di loket pertama hanya melakukan pencatatan regitrasi pendaftaran. Ternyata, disini tidak perlu menyerahkan foto copy-an  STNK, BPKP dan KTP apabila sudah membawa STNK, BPKP & KTP asli. Berbeda dengan di Jakarta yang wajib menyerahkan foto copy-an STNK, BPKB dan KTP.

Selanjutnya digeser ke loket kedua untuk proses input data by sistem dan STNK pun mulai diambil oleh petugas. Dan petugas diloket kedua menyerahkan nota dan memberi arahan untuk melakukan pembayaran di loket ketiga (kasir). Pembayaran di kasir selesai, saya kembali ke tempat duduk untuk menunggu dipanggil oleh petugas loket terakhir untuk pengambilan STNK. Iyak, tidak sampai 2 menit saya sudah dipanggil.

Selesai membayar pajak tahunan kendaraan, saya menghampiri mesin / lcd touch screen untuk ikutan pooling kepuasan pelayanan kantor samsat Batam Center. Jadi, ternyata mudah lho membayar pajak kendaraan tanpa harus menggunakan pihak ketiga (calo).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s