Hambalang Ambles (Karena) Korupsi


Belakangan ini sudah tidak asing lagi dengan hambalang. Iya pemerintah sedang membangun pusat olah raga nasional di Hambalang, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Berita terakhir adalah bahwa ada beberapa gedung yang ambruk. Hal ini disebabkan oleh amblesnya permukaan tanah yang bersifat labil.

Entah karena kurang telitinya para insinyur yang kontraktor bayar atau faktor alam atau bahkan lagi faktor beberapa elemen penting yang tidak sesuai standar atau di korupsi. Memang saya belum mengetahui pasti apakah hambalang struktur tanah disana masih satu tipe dengan di desa Tajur.

Seperti yang saya ketahui, hampir seluruh rumah di desa Tajur tembok-temboknya mengalami keretakan dan banyak juga beberapa rumah yang sudah ambruk. Hal ini disebabkan oleh aktivitas pengeboman yang dilakukan oleh perusahaan semen setempat. Dan mungkin pula karena faktor tanah yang labil.

Kejadian ini perlu dikaji lebih jauh. Karena secara normal tidak mungkin pemerintah membangun suatu proyek yang berada diatas permukaan tanahnya yang tidak aman.

Yang jelas berita ambruknya Hambalang tidak akan mendapat perhatian ketika pesawat Sokhoi Super Jet 100 menabrak tebing lereng gunung Salak. Hal ini munkin karena kasus Hambalang tidak menimbulkan korban jiwa karena memang masih dalam proses pembangunan. Beda halnya dengan tragedi SSJ 100 yang mrmakan korban jiwa dari berbagai elemen masyarakat, pilot, wartawan, pengusaha, pejabat & pramugari.

Harapan saya semoga ditengah kepunahan harapan untuk Indonesia masyarakat masih bisa berpikir jernih dalam menyikapi suatu permasalahan, khususnya isu dalam negeri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s