Menggapai Sejati (Hari Kelima)

Selasa, 6 September 2011

00.00-07.45 WIB

Bangun jam 5 pagi untuk shalat subuh, memasak santapan pagi, packing dan sedikit streching. Sebanyak 1.5 liter air pun kami timbun di sekitaran Pos III untuk meringankan beban dan mengantisipasi jika kehabisan air mineral. Target hari ini bisa mencapai Pos IV. Menurut string tag yang terpasang di pohon, pos III berada pada ketinggian 2115 mdpl.

07.45-12.07 WIB

Konon ceritanya perjalanan dari Pos III menuju Pos IV itu makin menambah beban. Selain beban carrier, emosi karena kondisi jalur yang penuh tumbuhan berduri, mental pun harus bisa dikendalikan. Karena beberapa titik jalur pendakian hampir berbatasan langsung dengan jurang-jurang yang menganga.

Pukul 09.12 wib kami memutuskan untuk istirahat sejenak di tempat yang cukup landai. Dua kali 60 detik kami nikmati untuk mengatur penapasan. Dan tepat pada pukul 09.45 wib kami tiba di camp 7. Sebelas menit kami habiskan untuk menikmati keadaan sekitar yang berkabut romantis. Disini juga terdapat tandon air, mungkin pada musim penghujan tandon-tandon air itu terisi air.

12.07 – 13.17 WIB

Selamat datang camp 8. Hampir 70 menit kami habiskan waktu disini untuk bersantap siang dan istirahat. Kondisi pepohonan disini sangat unik. Tidak tahu namanya, tapi pohon tersebut memiliki banyak cabang dahan.

13.17 – 14.24 WIB

Dengan kondisi medan yang suduk makin besar sudut kemiringannya, perjalanan pun makin terasa berat. Pantang pulang sebelum tiba. Dan akhirnya tanda-tanda vegetasi puncak gunung pun sudah kami jumpai. Tidak lama kemudian saya ucapkan dengan penuh semangat, selamat datang Pos IV.

14.24 – 24.00 WIB

Pos IV dapat menampung 4 tenda. View yang disajikan dari sini adalah Banyuwangi wilayah selatan. Waktunya matahari terbenam, kami pun bergegas ke area yang lebih terbuka untuk ikut menikmati suasana yang subhanallah itu sambil melihat medan summit attack. Tumpukan bukit-bukit yang menjadi Gunung Argpuro terlihat jelas di sebalah barat dan dilatarbelakangi Gunung Semeru yang lancip itu.

Selesai makan malam agenda selanjutnya yaitu briefing untuk membahas mekanisme dan menyiapkan seluruh kebutuhan summit attack baik logistik dan peralatan tim maupun pribadi. Untuk summit attack sangat dianjurkan untuk menggunakan peralatan yang memadai seperti peralatan panjat tebing.